Cara Membuat Website Sendiri


Semakin hari semakin banyak penggunaan website baik itu untuk informasi, komunikasi, setiap hari hampir tidak lepas dari pengunaan dari website tersebut. Website atau SItus Web ialah laman yang berisi teks, gambar, video, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin membuat website tanpa harus membeli dari penyedia website ada baiknya membaca artikel ini.

Untuk mempermudah anda memahami bagaimana cara kerja website, coba anda bayangkan sebuah toko (tampilan didalam ialah tampilan dari web tersebut ini berisi hasil akhir yang ditunjukkan (domain biasanya berguna) kemudian gudang ialah server atau hosting dimana data kamu di simpan disana yang akan ditunjukan jika ada yang mengambil atau memanggilnya). Semoga kalian paham heheh... maaf untuk penganalogian saya...

Disini saya mencontohkan membuat hosting web gratis di idhostinger karena gratis untuk belajar, jika ingin serius dalam pengelolaan ada baiknya untuk membeli paket hosting berbayar. Bisa juga membelinya di situs lainnya.

1. Kunjungi situs Idhostinger
2. Kemudian klik login melalui Account Google / Facebook atau membuat account melalui create account

3. Kemudian akan muncul keterangan akun telah dibuat untuk yang melalui create account silahkan cek email dan konfirmasi. Karena disini hanya contoh silahkan pilih paket gratis dari idhostinger (2GB space, Bandwith 100GB, Gratis Sub domain dan lain-lain). Jika kamu ingin serius dalam membangun website dan dalam jangka panjang ada baiknya untuk membeli paket hosting yang disediakan atau bisa juga membeli hosting di tempat lain (idwebhost, rumahweb dll). Dikarenakan space yang dibatasi maka data yang mampu disimpan terbatas. 
4. Selanjutnya, pilih waktu hosting yang ingin kamu beli. Ini untuk masa aktif dari hostingmu. Note: Jumlah pengunjung juga berpengaruh dihitung perbulan kecuali kamu beli paket berbayar.
5. Jangan lupa untuk klik lanjut checkout, maka akan muncul halaman persetujuan pembelian hosting

6. Setelah anda menyetujui pembelian maka akan dibawa menuju ke tempat setup hosting anda klik Setup

7. Kemudian, kita akan diarahkan ke tempat pemasangan domain ke hosting. Disini diberikan 2 opsi yaitu Domain TLD berbayar seperti: .com,net dll ataupun domain gratisan. Pilih subdomain kemudian masukan nama websitemu (contoh: bikinwebsitesendiri.esy.es) , masukkan password kemudian klik Setup.

8. Maka akan diarahkan kembali kehalaman awal page kemudian klik hosting

9. Klik pada (+) maka akan mucul pilhan, pilih Kelola untuk mengelola website kita

10. Beberapa fungsi yang dapat anda gunakan untuk mengelola website, ada pengaturan akun, email namaanda@namawebsite.com dan lain sebagainya. Yang akan saya bahas pada artikel lainnya.

11. Lanjut silahkan menuju ke bagian file dan klik File Manager

12. Kemudian mucul halaman di tab baru menuju ke pengaturan file didalam websitemu. Disana dijelaskan jika tidak boleh mengupload diluar sana karena tidak akan tampil pada websitemu jadi akan error ketika di panggil. Klik pada public_html (merupakan halaman root ).

13. Maka muncullah root yang berisikan file hosting default (default.php) halaman ini bisa dihapus isinya atau filenya dan di ganti dengan file index.html / index.php / default.html. Jika ingin menambahkan index ada baiknya dihapus file defaultnya karena akan didulukan default.php

14. Kemudian klik delete, setelah delete buat file html atau php melalui notepad, contoh index.html
<head>
<body>
<h1> Salam Kenal</h1>
</body>
</html>
Jangan lupa untuk menyimpannya dalam bentuk .html
Disini anda bisa mengupload file berupa js, html, js, php dll dalam bentuk rar seperti anda mendownload installer atau template. Karena disini hanya upload file maka pilih sebelah kiri upload files kemudian klik ceklist. Dan jangan lupa untuk klik back atau kembali. 

15. Sekarang anda bisa mengecek website yang anda buat tadi contoh: http://bikinwebsitesendiri.esy.es



  Selain itu pada bagian tab sebelumnya lihat bagian website anda akan menemukan dua fungsi penting untuk membuat website awal yaitu Auto Installer (instal platform blogging otomatis tanpa ketik manual diantaranya yang begitu populer wordpress, joomla , drupal ada pula platform lain yang bisa anda coba) dan Website Builder (Instal template awal dari blog anda,dll) untuk menggunakan fitur ini ada baiknya anda membeli hosting berbayar untuk mengurangi disk inode.





Share on Google Plus

About Candra Yuliansya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar